Sakit tubuh lebih mudah disembuhkan,,,Namun sakit pikiran sangat mengerikan.
Mereka yg sakit pikirannya tdk akan menjumpai ketenangan,,,Apakah sdg berdiri, berjalan, duduk, ataupun tiduran selalu serba salah?...
Keseluruhan tubuh tak nyaman,,,Kehilangan nafsu makan serta sulit tidur.

Minggu, 02 Januari 2011

Perlakuan Akuntansi Dalam Pemberian Pinjaman Dengan Sistem Gadai KCA Pada Perum Pegadaian Cabang Kramat Jati (INETA REISHA STEKPI'06)

Mengingat pentingnya perhitungan penaksiran barang jaminan pada pegadaian yang digunakan untuk mengetahui besar kecilnya dana kredit yang akan diperoleh nasabah, perlakuan akuntansi serta pencatatan akuntansi yang dilakukan oleh pegadaian mendorong penulis untuk mengangkat permasalahan dalam Tugas akhir ini dengan judul “Perlakuan Akuntansi Dalam Pemberian Pinjaman Dengan Sistem Gadai Pada Perum Pegadaian Cabang Kramat Jati”.

1.1      Pembatasan Masalah
         Untuk membatasi permasalahan dalam penulisan tugas akhir ini hanya pada perhitungan pemberian kredit gadai berdasarkan atas taksiran barang jaminan serta perhitungan bunga dalam pemberian pinjaman dan pencatatan akuntansi kredit gadai pada Perum Pegadaian. Untuk memperjelas pembahasan ini penulis membuatkan contoh kasus perhitungan pemberian kredit dalam jangka waktu pelunasan 120 hari atau 4 bulan.

1.2   Perumusan Masalah
     Berdasarkan latar belakang diatas, penulis merumuskan masalah yang ingin di teliti yaitu:
1.      Bagaimana prosedur dalam pemberian pinjaman dengan sistem gadai pada Perum Pegadaian?
2.      Bagaimana perlakuan akuntansi dalam pemberian pinjaman kredit gadai kepada nasabah atas penetapan taksiran barang jaminan yang akan di jadikan jaminan kredit?

1.3  Tujuan Penelitian
        Berdasarkan Judul Tugas Akhir di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui prosedur dalam pemberian pinjaman dengan sistem gadai pada Perum Pegadaian.
2.      Untuk mengetahui perlakuan akuntansi dalam pemberian kredit pinjaman yang akan diberikan kepada nasabah berdasarkan penetapan barang jaminan.

1.4  Metode Penelitian
1.4.1        Jenis Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data                        sekunder, yaitu data yang diperoleh dari pustaka, dokumen-dokumen yang telah tersedia seperti buku pedoman operasional kantor cabang.
1.4.2   Teknik Pengumpulan Data
·                     Observasi
Penulis melakukan penelitian riset langsung di perusahaan dimana penulis mendapatkan data-data yang digunakan dalam penulisan Tugas akhir.
·                     Dokumen atau berkas-berkas
Penulis diberikan dokumen atau berkas-berkas seperti buku pedoman operasional kantor cabang yang berkaitan dengan topik yang akan ditulis dalam penulisan Tugas Akhir.


1.5.        Metode Analisis Data
Penulis ingin menganalisa perlakuan akuntansi dalam pemberian kredit  gadai kepada nasabah  atas penetapan taksiran barang jaminan yang akan dijadikan jaminan kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar